Mei 29, 2010

SELLING WITHOUT PROMOTION. HOW?

THE BLUE LOTUS COFFEE HOUSE (SEMARANG)


Pernahkah terpikir oleh Anda untuk melakukan penjualan tanpa didukung dengan kegiatan promosi yang gencar? Nah berikut ini adalah salah satu contoh nyata yang mungkin bisa dipelajari dan menjadi inspirasi dalam meningkatkan kinerja sales perusahaan Anda.

Di Semarang terdapat sebuah café baru yaitu THE BLUE LOTUS COFFEE HOUSE yang mulai beroperasi sekitar tahun 2009. Terletak di Jl. A Yani, sebuah lokasi yang tergolong strategis di salah satu jalan besar Semarang. Bila dilihat dari jenis usahanya, café ini hampir tidak jauh berbeda dengan café-café lainnya yang sudah beroperasi lebih dulu. Layaknya café pada umumnya, THE BLUE LOTUS COFFEE HOUSE menawarkan minuman berbahan kopi dan makanan ala Barat seperti sandwich, salad, cake, atau menu lainnya. Dalam hal fasilitas, THE BLUE LOTUS COFFEE HOUSE memenuhi standard café pada umumnya yaitu free WiFi, suasana cozy, iringan musik dari CD, dan fasilitas standard lainnya. Tapi bila disimak lebih detail lagi, terdapat beberapa point keunggulan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi THE BLUE LOTUS COFFEE HOUSE. Apa saja itu? Berikut adalah ulasannya.


Tampak depan THE BLUE LOTUS COFFEE HOUSE


Dalam hal F&B, makanan dan minuman di THE BLUE LOTUS COFFEE HOUSE tergolong enak dan berkualitas. Tidak diragukan lagi bahwa makanan dan minuman yang enak adalah syarat mutlak dalam bisnis café. Tapi sebenarnya yang menarik di THE BLUE LOTUS COFFEE HOUSE bukanlah di makanan dan minumannya, melainkan di suasana dalam café. Bila pada umumnya café-café menawarkan sisi lifestyle dan pride bagi pengunjungnya, BTHE BLUE LOTUS COFFEE HOUSE malah menawarkan sebaliknya. Kita akan merasakan suasana café yang tenang, relax, dan cenderung private. Hingar bingar dan suasana café pada umumnya tidak terasa disini. Sungguh pengalaman yang unik (khususnya pada saat penulis mengunjungi café ini), apalagi interior café dikemas dengan nuansa interior yang mengusung konsep Homy Style dengan gaya Belanda kuno memiliki daya tarik tersendiri.


Suasana dalam cafe


Selain itu “keanehan” lain yang ada di café ini adalah pada jam operasional café yaitu dari pk 09.00 – 21.00. Jam operasional yang mungkin agak kurang wajar bagi sebuah café karena kebanyakan café akan terjadi crowd pada saat menjelang siang dan menjelang malam, bukan di jam tanggung seperti THE BLUE LOTUS COFFEE HOUSE. Tapi apa yang terjadi? Justru disitulah yang menjadi kekuatan dan perbedaan dari THE BLUE LOTUS COFFEE HOUSE sebagai sosok private café. Beroperasi di jam yang langka dikunjungi pengunjung kebanyakan sehingga sangat sesuai bagi para pengunjung yang ingin merasakan hang out di café dengan suasana tenang.


Mini bar dalam cafe


Dalam hal promosi, THE BLUE LOTUS COFFEE HOUSE bisa dibilang hampir tidak melakukan kegiatan promosi yang berarti. Bahkan bagi yang tidak tahu tempat ini mungkin akan tersasar karena satu-satunya petunjuk hanyalah signage café yang terletak di pintu masuk, dan signage itupun letaknya agak menjorok ke dalam sehingga kurang catchy untuk dilihat meskipun lokasi café terletak di jalan besar. Namun kondisi seperti ini justru semakin menguatkan kesan private café yang mungkin secara tidak sengaja terbentuk.


Leaflet THE BLUE LOTUS COFFEE HOUSE (tampak depan)


Walaupun terdapat banyak faktor bagi sebuah brand untuk tidak melakukan promosi, tapi apapun alasannya, THE BLUE LOTUS COFFEE HOUSE (saat ini) cukup memiliki daya tarik bagi sebagian masyarakat kota Semarang sehingga dengan sendirinya para pengunjung yang terpesona dengan café ini akan mempromosikannya ke teman-teman dan komunitasnya. Dan ini merupakan strategi promosi Word Of Mouth yang sangat efektif dan low cost untuk mempromosikan sebuah brand.


Leaflet THE BLUE LOTUS COFFEE HOUSE (tampak belakang)


Nah permasalahannya adalah bagaimana THE BLUE LOTUS COFFEE HOUSE akan mempertahankan karakternya ini? Apakah dia akan terus berinovasi dengan tetap berada di karakter yang telah terbentuk? Atau dia akan tergoda untuk membentuk karakternya menjadi seperti café-café lain yang sudah ada? Hanya waktu yang akan menjawabnya. Let’s wait and see =)

Inilah yang kami sebut sebagai strategi SELLING WITHOUT PROMOTION. Asalkan brand atau produk Anda memiliki karakter yang unik dan berbeda namun dapat memenuhi kebutuhan market, maka dengan sendirinya brand Anda akan menjadi bahan perbincangan diantara target market Anda, dan secara otomatis brand Anda akan mendapatkan promosi gratis melalui mereka. Semoga artikel ini bermanfaat. CHEERS!! =D


Sincerely yours,

CAVLENT's team


Tidak ada komentar: